Thank You For Visiting

Sabtu, 07 Februari 2009

'Generasi Biru' Laris Manis di Jerman


Berlin - Belum rilis di Indonesia film 'Generasi Biru' garapan Garin Nugroho sudah melenggang ke Berlin, Jerman. Film itu tayang di Berlinale International Film Festival 2009. Tiketnya pun ludes terjual.

Film yang dibintangi Nadine Chandrawinata itu ditayangkan pada World Premier Berlinale International Film Festival pada Jumat (6/2/2009) kemarin malam waktu Jerman. Sedangkan di Indonesia baru 17 Februari 2009 mendatang. Sang sutradara, Garin Nugroho turut hadir dalam premier yang bertempat di Kino Arsenal, Postdamerplatz, Berlin.

Selama melenggang di Jerman 'Generasi Biru' akan diputar tiga kali pada 6, 7, 8 Februari 2009. Tiketnya pun ludes terjual secara online. “Wah bagus tuh,” sahut Garin saat berbincang dengan detikhot di Kino Arsenal, Postdamerplatz, Berlin, Jumat (6/2/2009) waktu setempat.

Panitia Berlinale rupanya sudah jauh-jauh hari memesan agar film Generasi Biru tampil di Jerman. Dalam wawancara ekslusif dengan reporter detikhot, Fitraya Ramadhanny, Garin mengaku panitia Berlinale mengikuti proses editing yang beru selesai 60 persen dari Desember 2008 silam.

“Tapi para kurator film dengan melihat bahan mentahnya saja sudah bisa memberikan penilaian,“ lanjut Garin.

Panitia pun rela menunggu film Generasi Biru dikirim ke Jerman, walaupun batas akhir pengiriman festival sudah lewat pada Oktober 2008 lalu. Tapi mau bagaimana lagi, proses produksi memang baru benar-benar tuntas akhir Januari 2009.

“Baru dua minggu lalu filmnya kita kirim ke Jerman. Saya saja belum liat trailer Generasi Biru untuk di Indonesia,“ ujarnya seraya tertawa.

Tidak hanya Generasi Biru, Laskar Pelangi pun unjuk gigi di festival film saingan Cannes ini. “Sekarang sudah ada generasi baru seperti Riri Riza, Mira Lesmana, John de Rantau. Tahun ini saya ingin anak-anak muda ini yang lebih tampil,” kata Garin.

Ini adalah film ke lima Garin di Belinale. Sebelumnya sudah ada Surat Untuk Bidadari (1994), Bulan Tertusuk Ilalang (1995), Puisi Tak Terkuburkan (2001) dan Aku Ingin Menciummu Sekali Saja (2001). Semua film Garin mendapatkan penghargaan khusus.


FROM: DETIK.COM
(fay/ebi)

Tidak ada komentar: